Rabu, 04 Juli 2012

kata mutiara


KATA MUTIARA
UNTUK APA KITA JATUH …??? YA AGAR KITA BISA BELAJAR UNTUK BANGKIT
Saat kita jatuh atau punya problema  dalam hidup ini, disinilah kita di uji seberapa kemampuan kita saat menghadapi problema itu sendiri, karena saat kita akan naik tinggat maka kita akan menghadapi ujian dan semakin tinggi pohon tumbuh maka akan semakin besar juga terpaan angin yang datang maksudnya saat kita mulai dewasa maka kita pun akan memiliki banyak problema yang harus dihadapi. Oleh karena itu kita harus semakin jernih saat menghadapi suatu masalah. Satu contoh dalam suatu kasus seorang remaja yang berbahagia dengan pacarnya di hari hari yang indah mereka lewati bersama namun suatu hari keadaan berubah karena sesuatu yang belum tentu masalahnya merekapun berpisah, kemudian lelaki merasa hidup tidak adil dan menaruh rasa benci yang amat besar terhadap mantan pasanganya itu sampai-sampai dia tidak mau melihat si wanita itu lagi hingga akhinya ia memetuskan untuk berhenti sekolah.

Apa yang dapat kita ambil dari contoh problema di atas …..??
yang dapat kita ambil dari kasus diatas adalah :
Pertama

 sebelum kita memutuskan sesuatu hendaklah kita  berpikir secara jernih  dan di pikirkan secara jangka panjang hal ini di berguna agar kita tidak merasakan dampak negative kelak . hal ini pula berguna supaya kita hidup tanpa ada penyesalan ada pepatah berkata “bagi orang yang takut, takutlah pada penyesalan”.
Kedua
Janganlah kita berpikir negative thinking pada sesuatu yang belum jelas. Dalam kasus ini sang wanita memutuskan hubunga di karenakan berpikiran negative terhadap si lelaki dan memutuskan untuk berpisah. Hal seperti inilah yang menjadi penyebab suatu hubungan silaturahmi menjadi tidak harmonis, Alangkah baiknya jika kita punya masalah kita searching pada orang lain atau lebih populernya curhat, hal ini berguna agar kita terhindar dari pendek pikiran sehingga kita dapat memutuskan sesuatu secara matang dan yakin bahwa itulah yang terbaik dan benar. Tapi jangan sampai kita salah memilih orang untuk curhat karena itu akan menebabkan hal yang tidak diinginkan kepada kita atau senjata makan tuan.
Ketiga
Keterbukaan dalam suatu hubungan keterbukaan sangatlah penting Karen ini akan menghindarkan saling curiga satu sama lain.
Keempat
Hal yang paling sulit menurut penulis yaitu menerima apa adanya, menerima apa adanya bukan hanya sekedar di ungkapkan secara lisan tapi harus di yakini juga oleh hati agar kita yakin itulah yang terbaik bagi kita dan tidak ada yang dirugikan karena hal hal yang sepele baik dari segi lahir atau yang terlihat hingga segi batin atau yang tidak terlihat, maka sebelum melakukan segala sesuatu pikirkanlah terlebih dahulu mana yang baik dan mana yang benar. Karena baik belum tentu benar dan benar belum tentu baik
ANTARA INGIN, BERUSAHA dan YAKIN
Ingin…..
adalah suatu rasa yang di miliki manusia untuk memiliki sesuatu yang belum ia miliki entah itu barang rasa dan apapun yang manusia ingin miliki. Namun seberapa tahu manusia akan keinginannya karena manusia berkata ingin itu hanya dari pikiran nafsu belaka yang tak pernah tahu akan apa yang di inginkan sejak kapan manusia tahu dengan keinginanya, hal ini di ungkapakan oleh penulis karena beliau merasa suatu keinginan itu datang dari nafsu bukan dari akal, yang datang dari akal hanyalah kebutuhan dan kewajiban oleh karena itu penulis mengajak kepada pembaca untuk memikirkan apa yang di inginkan oleh dirinya sebelum memutuskan untuk mengejar.
Berusaha ……
Sesuatu yang terkadang sulit kita lakukan karena kita berfikir yang belum jelas atau karena kita kurang keberanian untuk menghadapi tantangan yang sekiranya menghadang, baik itu materil atau pun moril tetapi kebanyaakan itu karena sifat malas . oleh itu kita harus memantapkan dulu niat karena sutau keterangan berbunyi “inna a’malu binniat” setiap pekerjaan itu tergantung niat. Makanya sebelum melangkah alangkah baiknya jika kita yakin terhadap apa yang akan di tuju,,
Yakin….
Yakin ini berhubungan dengan apa yang menjadi prinsip kita sendiri baik itu agam dan pemikiran dari diri kita sendri, mantapkan dulu keyakinan sebelum melangkah karena itu sangat penting untuk menentukan tercapainya suatu tujuan, kita tidak boleh pesimis dengan apa yang kita inginkan atau yang kita tuju karena itu dapat menganggu. Jika kita yankin dengan tujuan kita dan kita yakin bahaw kita akan bisa mencapainya meski sesulit apapun. Hal seperti inilah yang mustinya ada dalam pikiran kita maju terus pantang mundur dalam alquran pun tertulis bahwa alloh berfirman
            “Aku (alloh) tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum  kaum itu merubah nasibnya sendiri”
Ini berarti Alloh memberikan kuasa kepada kita untuk merubah nasib kita sendiri dengan catatan tetap alloh yang menetukan nasib kita jadi kesimpulanya kita itu harus bertawakal itu inti dari ingin, berusaha yakin bertawakal berarti harus berkeinginan, berusaha namun yang menetukan tetap Alloh, jika ingin mencapai apa yang di inginkan kita haru berkeinginan, berusaha, berdo’a, maka insya alloh kita dapat mencapai apa yang menjadi keinginan kita 


HATI DAN PERASAAN
Hati …. Hati… apa yang yang di maksud dengan hati ,,,,??? Seperti apa bentuk hati itu ,,,??? Apa warna hati itu,,,??? Pertanyaan seperti itulah yang seringkali muncul dalam benak kita. Lalu bagai mana kita  dapat menjawabnya.
Hati dapat dilihat dari dua pandangan yaitu menurut pandangan lahir atau nyata dan menurut batin atau secara gaib. Tentunya kita tahu hati menurut pandangan lahir karena hati menurut lahir seringkali kita dapatkan dari buku-buku pelajaran hati menurut lahir yaitu organ tubuh yang berfungsi untuk menyaring makanan, tetapi hati secara batin itu berbeda dengan  hati secara lahir karena hati menurut pandangan ini adalah sesuatu yang dirasakan seseorang ketika mendapatkan respons apapun dari orang atau pun yang lainya. Sulit bagi penulis untuk mendefinisikan tentang hati tapi yang jelas jika di simpulkan hati adalah organ tubuh beguna sebagai ala sensorik segala sesuatu.
Perasaan …. Adalah sesuat yang dapat kita ketahui jika kita fikirkan dan rasakan dengan hati dan itu pasti bersangkutan dengan orang lain karena itu menyangkut respons dan pemikiran setiap orang. Banyak perasaan ketika mendapat tanggapan yang berbeda dari orang lai atas apa yang kita perbuat, namun perasaan banya sangkut pautnya dengan emosi hal ini menyebabkan respons dari oranglain kebanyaklan orang hanya ingindi pahami dan di mengerti tapi jarang orang yang ingin memehami dan enganuntuk berusaha memahami, dalam sebuah kasus berpacaran banyak yang mempermasalahkan tentang pengertian, perhatian, kepercayaan dan perasaan.
Pengertian adalah sikap yang kita miliki namun sulit untuk mencari kecocokanya, kata yang sering di dengar jika pacar kita menuntunsesuatu padahal jika kita kaji ulang dengan apa yang menjadi tuntutanya seberapa besar keuntungan kita ketika kita memenuhi tuntutanya bukanya sok materil tapi masalah untung dan rugi itu hanyalah merupak tolak ukur bagi kita.
Perhatian adalah sikap seseorang jika orang itu tertarik terhadap sesuatu  maka orang itu akan melakukan apapun untuk mendapatkan sesuatu tersebut  
Tidak ada kata lelah bagi si sukses yang ada hanyalah malas”
Apa yang  menjadi masalah dalam kehidupan itu hanyalah suatu cobaan, dalam pencarian jatidiri yang sangat sulit

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar